Calon Penghuni Surga Bernama Sadiyo Cipto Wiyono


Saat kita sibuk membahas tentang keimanan orang lain, saat kita sibuk menyucikan diri masing-masing. Dipelosok negeri ini ternyata sudah ada yang diberitakan akan masuk surga. Seorang pemulung bernama Sadiyo Cipto Wiyono.

SIAPA SADIYO CIPTO WIYONO ?

Sadiyo Cipto Wiyono (65) namanya. Lima tahun terakhir, pria asal Sragen, Jawa Tengah yang berprofesi sebagai pemulung ini menyisihkan uang untuk menambal lubang. Ia tak ingat lagi berapa lubang yang ia tambal.

“Saya ingat yang pertama itu di jalan Gondang-Banaran (Sragen). Sepanjang 5 kilometer saya tambal. April saya mulai, Juni baru selesai,” kata Mbah Sadiyo, panggilan akrab Sadiyo Cipto Wiyono.

Mbah Sadiyo tinggal di Dukuh Grasak RT 42 RW 11, Desa/Kecamatan Gondang, Sragen. Ia menyisihkan penghasilannya yang tidak seberapa untuk membeli semen. Semen tersebut dia gunakan untuk menambal jalan yang berlubang.

NIAT TULUS UNTUK IBADAH

Di bawah terik matahari, ia menambal jalan berlubang. Becak berisi barang rongsokan miliknya diparkir menutup separuh badan jalan agar aktivitasnya tak terganggu. Panas matahari tak ia hiraukan. Mungkin karena sudah terbiasa.

Sadiyo Cipto Wiyono.jpeg

“Kalau semen saya beli sendiri. Nanti pasirnya minta sisa-sisa di rumah orang yang sedang membangun. Kadang dikasih, kadang tidak,” katanya.

Niatnya memperbaiki jalan rusak berawal dari pengalamannya jatuh terperosok akibat jalan berlubang. “Saya berebut jalan dengan kendaraan. Saya mengalah tapi ternyata ada lubang. Ban becak saya sampai membentuk angka 8. Untung barang rongsokan saya sudah diikat kencang, jadi tidak jatuh,” ungkapnya.

Pengalaman itu ditambah cerita tetangga yang patah tulang karena jatuh di jalan berlubang. Sejak itu, Mbah Sadiyo mulai menambal jalan berlubang. Selain tak dibayar, kadang juga tak dipedulikan. Mbah Sadiyo tak ambil pusing.

“Saya niatkan untuk ibadah,” katanya santai.

Sumber : Detik

JAMINAN MASUK SURGA

Dalam sebuah riwayat, seorang laki-laki yang sedang berjalan-jalan di sebuah jalan. Ia menjumpai rerantingan yang berduri yang menghambat jalan tersebut, kemudian ia menyingkirkannya. Lalu ia bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala, maka Allah mengampuni dosa-dosanya.

Dalam sebagian riwayat dari Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah pula, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada seseorang laki-laki yang melewati ranting berduri berada di tengah jalan. Ia mengatakan, ‘Demi Allah, aku akan menyingkirkan duri ini dari kaum muslimin sehingga mereka tidak akan terganggu dengannya.’ Maka Allah pun memasukkannya ke dalam surga.”

Sungguh, aku telah melihat seorang laki-laki yang tengah menikmati kenikmatan di surga disebabkan ia memotong duri yang berada di tengah jalan, yang duri itu mengganggu kaum muslimin.”  Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam Kitab “Al-Adzan“, Bab “Fadhlu Tahjir ila Zhuhri“, no. 652; dan Kitab “Al-Mazhalim“, Bab “Man Akhadzal Ghuzna wama Yu’dzinnas fith Thariq“, no. 2472; juga diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Kitab “Al-Bir wash-Shilah wal Adab“, no. 1914; dan Kitab “Al-Imarah“, no. 1914

Sumber : Kisah Muslim

Setiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya, kamu mendamaikan di antara dua orang adalah sedekah,kamu membantu seseorang untuk menaikkannya di atas kendaraannya atau mengangkatkan barangnya di atasnya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, pada tiap-tiap langkah yang kamu tempuh menuju shalat adalah sedekah, dan kamu membuang gangguan dari jalan adalah sedekah.”(HR.al-Bukhari ,no.2989 dan Muslim, no 1009)

Sumber: Muslimah

 Semoga keberkahan tercurah atas keikhlasannya dan hatinya senantiasa terhindar dari Riya’.

Iklan

18 pemikiran pada “Calon Penghuni Surga Bernama Sadiyo Cipto Wiyono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s