RIBETNYA WEB CHECK IN


Saya sedang berada diantrian memasuki ruang tunggu di salah satu bandara, ketika salah seorang calon  penumpang diminta kembali ke Check In Counter untuk mencetak boarding pass. Orang tersebut menunjukkan ke Petugas yang berjaga sebuah smartphone yang dilayarnya terlihat boarding pass hasil web check in atau Check in Online . Dengan muka yang kesal, orang tersebut keluar dari antrian menuju conter check in yang letaknya lumayan jauh.

WEB CHECK IN

Web check in saat ini sudah sering digunakan dan seiring dengan semakin banyaknya penggunaan smartphone,  metode ini akan menjadi kebutuhan. Web check in seyogyanya dapat membatu mengurangi penggunaan kertas  (paperless) dan memudahkan penumpang yang akan menggunakan pesawat udara.

Bagi penumpang kususnya bagi penumpang yang tidak membawa bagasi selain yang akan dibawa ke kabin, mereka seharusnya dapat melakukan check in lebih mudah tanpa harus antri panjang di check in counter. Boarding pass akan diterima oleh calon penumpang beserta barrcode yang dapat digunakan melalui gate.

Bagi maskapai, mereka akan lebih mudah mendata calon penumpang yang “pasti” berangkat. Bahkan data yang diterima akan lebih cepat karena kebanyakan penumpang akan melakukan web check beberapa jam sebelumnya, bahkan 24 jam sebelumnya.

Saat ini, penumpang yang telah melakukan web check in dan hanya memiliki bagasi kabin, tetap harus ke check in counter untuk mencetak boarding pass. Beberapa maskapai telah memberikan pelayanan khusus untuk web check in, namun tetap saja akan memakan waktu yang lebih lama. Dengan kata lain, web check in saat ini hanya sebatas proses memilih kursi saja.

PEMERIKSAAN KARTU IDENTITAS TIDAK EFISIEN

Selain masalah web check in yang tidak efisien, saya melihat pemeriksaan tanda pengenal juga tidak efektif. Dalam proses check in sampai duduk di ruang tunggu, setidaknya terdapat 3 kali pemeriksaan tanda pengenal

  1. Ketika memasuki ruang check in
  2. Ketika Check In
  3. Ketika memasuki ruang tunggu

Mungkin ini terkait keamanan, namun saya melihat ini tidak efektif dan menghambat. Bahkan terkadang pemeriksaan tanda pengenal ini meyebabkan antrian yang cukup panjang.

Dalam pengamatan saya, ketika seseorang memasuki ruang check in, telah dilakukan pemeriksaan tanda pengenal dan tiket, sehingga orang yang masuk atau berada diruang check in  adalah orang yang telah memiliki tiket yang sesuai tanda pengenal. Kemudian ketika check in, kembali dilakukan pemeriksaan tanda pengenal untuk memastikan kesesuain data calon penumpang.

Kedua proses pemeriksaan tersebut telah memastikan calon penumpang yang berada diruang check in adalah mereka yang telah memiliki tiket dan atau  boarding pass yang sesuai dengan kartu identitasnya.

Berikutnya adalah pemeriksaan ketika akan memasuki ruang tunggu. Pada proses pemeriksaan ini yang menurut saya tidak efisien, karena calon penumpang tidak melalui ruangan lain selain ruang check in yang telah dilakukan pemeriksaan identitas sebanyak dua kali.

Iklan

12 pemikiran pada “RIBETNYA WEB CHECK IN

      • Di Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Singapura, Denpasar,….rasanya semua nya. Saya selalu print A4, tunjukkan bersama KTP/paspor ke security,langsung ke ruang tunggu. Pas boarding, tunjukkan bersama KTP/paspor, disobek bagian bawah/maskapai oleh petugas Air Asia. Boarding

        Suka

      • Petugas avsec sebelum masuk ruang tunggu gmn? Kejadian yg sy sampaikan waktu akan melalui petugas avsec sebelum masuk ruang tunggu

        Suka

      • Sempat ada juga petugas yang belum tahu itu boarding pass (masih baru mungkin), saya terangkan ini boarding pass. akhirnya ngangguk2 juga. Petunjuk Air Asia juga jelas klo cetakan kertas A4 sah jadi boarding pass. Klo Lion/Garuda dll meski sudah check in online selalu ke counter, buat cetak boarding pass ukuran standar. Di semua bandara sepertinya semua sudah ada fasilitas cetak boarding pass. Dalam 2 tahun terakhir ini.

        Suka

  1. Web check in memastikan penumpang dapat kursi, tidak seperti penumpang yang datang mepet, yang kadang sudah tidak dapat check in (tiket di jual lagi???). Cuma kekurangannya, kalau sudah check in, jika batal terbang karena kemauan penumpang, airport tax nya juga hangus, ga bisa dikembalikan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s